Tuesday, June 6, 2017

TRICODERMA


     Tricoderma  sp. Atau yang akrab di sebut sebagai trico saja adalah agen hayati dari golongan fungi.yang di kenal ampuh untuk pencegahan  berbagai macam pernyakit tanaman,yang terutama sebagai pengendali fungi jahat fusarium sp.
     Ada tiga jenis trico yang beredar di dunia pertanian kita,tricoderma harzianum,tricoderma viride,tricoderma sp. Tricoderma harzianum adalah yang paling tangguh dalam bersaing dengan jamur patogen.
     Jamur trico tumbuh optimal pada suhu 25-30°C,dan dapat leluasa berkembang pada pH 4,dan yang sangat menentukan kembang biak tricoderma adalah faktor kelembaban.
     Kemampuan harzianum dan kawan-kawan dalam bersaing dengan jamur patogen,terutama fusarium sp. Sangat bisa di andalkan hal ini tentunya sangat menguntungkan para petani,karena kita tahu fusarium sp. Adalah fungi patogen yang menyerang banyak tanaman,hampir smua tanaman pangan dapat hancur terkena invasi jamur yang satu ini.busuk pangkal batang dan busuk akar pada pepaya dewasa adalah momok yang sangat menakutkan,bayangkan saja berhektar-hektar pepaya yang tinggal panennya,harus roboh massal tidak kuat melawan gempuran busuk pangkal batang dan akar.begitu besar kerugian petani gara-gara fungi jahat fusarium sp.

         B A C A                                                    CARA MEMBUAT BIBIT UNGGUL PEPAYA KALIFORNIA                                                                                                   

     Perlu di ingat bio kontrol ini bersifat sebagai pencegahan,dan kurang efektif jika di aplikasikan sebagai pengobatan,dengan kata lain tricoderma hanya di gunakan untuk mencegah pernyakit datang dan bukan di gunakan untuk mengobati pernyakit.
     Lalu timbul pertanyaan, Bagaimana trico di aplikasikan ?
Bagaimana trico di dapatkan ?

     Jamur yang bersifat antagonis bagi jamur patogen fusarium sp. Ini bagusnya di aplikasikan mulai dari awal olah lahan,taburkan merata di lahan sebelum di lakukan aktifitas penyangkulan,sehingga saat penyangkulan trico ikut masuk ke dalam tanah,di harapkan  nantinya saat di lakukan penanaman, status  lahan kita sudah benar-benar sehat dari cengkeraman patogen,sehingga  tanaman kita terhindar dari berbagai pernyakit.dan lakukan aplikasi susulan nenjelang tanam serta pasca tanam,interval aplikasi minimal 1x tabur atau spray/bulan.
Sebagian praktisi pertanian berpendapat untuk hasil maksimal, aplikasi trico di anjurkan pada sore hari,hal ini berkaitan erat dengan masalah kelembaban.

     Lalu bagaimana trico di dapatkan?
Yang paling gampang adalah beli,kita bisa membeli di toko online,sudah banyak yang jual,kita tinggal pilih saja.tinggal pesan,tranfer uang maka barang datang.atau bisa juga datang ke balai pertanian setempat.
     Trico juga bisa di dapatkan dengan berburu langsung di alam,karena trico biasa berkoloni di tanah-tanah pertanian,hutan,pekarangan,di pohon-pohon kayu.namun yang umum di lakukan adalah dengan menanam nasi di perakaran bambu.
5 hari setelah nasi di kubur di bawah rumpun bambu,biasanya sudah mulai tumbuh miselium tricoderma.
     Demikian sekilas tentang agen hayati tricoderma sp. Smoga manfaat dan jadi amal baik bagi penulis.
Trimakasih

No comments:

Post a Comment