Tuesday, June 27, 2017

5 LOKASI FAVORIT COPET

 
   
      Biarpun banyak yang benci namun profesi copet tetap eksis di tengah-tengah masyarakat sampai sekarang,malah semakin marak akhir-akhir ini,apalagi saat-saat menjelang lebaran ataupun saat tahun baru.
     Copet adalah salah satu aksi kejahatan yang marak terjadi di tempat-tempat keramaian,di tempat berkumpulnya orang-orang  yg berbelanja,di tempat orang sibuk mengantri,di kerumunan orang,tempat lalu lalang.aksi copet bisa di lakukan sendirian tapi acap kali di lakukan secara kelompok yang terorganisir.yang setiap orangnya akan berperan untuk keberhasilan aksi mereka,ada yang berperan  pengalih perhatian,eksekutor bahkan ada yang berperan sebagai penyelamat atau pelindung jika sewaktu-waktu sang eksekutor kepergok massa.
    Yang harus di perhatikan oleh kita adalah bagaimana caranya agar kita terhindar jadi korban mereka.maka dari itu kita harus tahu ciri-ciri pencopet melalui gerak tubuh mereka,dan sebisa mungkin kita tidak menggunakan perhiasan atau aksesori yang berlebihan yang bisa mengundang mereka untuk berbuat kejahatan pada diri kita,kenali juga tempat-tempat favorit para copet untuk melancarkan aksi mereka.

     Berikut 5 tempat favorit para copet untuk mencari mangsa.

1. TERMINAL BUS
     Terminal bis adalah tempat sangat favorit untuk para pencopet dalam melancarkan aksinya.terminal bus adalah tempat paling sibuk,setiap orang seperti terburu-buru jika berada di dalam terminal, kebanyakan calon penumpang yang takut ketinggalan bus yang akan di naikinya.
     Maka sering kita lihat orang-orang berebut untuk mendapatkan bis,saling dorong,saling sikut,tak jarang jari kaki terinjak-injak oleh orang lain,namun mereka tidak merasakan sakit, yang penting bisa masuk ke dalam bus.
Saat-saat seperti itulah biasanya para pencopet ikut merangsek,berdesakan,nimbrung di depan pintu bus,para pencopet tahu betul saat seperti itu akan memudahkan aksi mereka,saat seperti itu yang mereka tunggu-tunggu,saat orang-orang sudah tidak sadar dengan keselamatan sendiri karena memperebutkan sesuatu.
     Perlu di ingat modus para copet yang beroperasi di areal terminal bus biasanya berpura-pura jadi calon penumpang,maka kita harus hati-hati jika menemui calon penumpang yang tampangnya agak aneh,sebisa mungkin kita menjauh darinya.sebagai contoh misalnya adalah pada umumnya penumpang bus slalu membawa bawaan,mulai dari hanya tas mini sampai ransel ataupun kardus bekas mie instan yang telah di isi bermacam-macam barang bawaan.maka jika ada seseorang yang ikut berdesak-desakan naik ke atas bus tapi tanpa membawa barang bawaan apapun dan gerak tubuhnya tampak mencurigakan seyogyanya kita perlu waspada bila terpaksa berada di pinggirnya.

2. STASIUN KERETA API
     Prinsip dasar operasi copet adalah mengambil secara sembunyi-sembunyi barang yang di bawa orang lain,dan waktu yang paling tepat adalah ketika seseorang lupa dengan barang yang di bawanya,biasanya penyebab lupa adalah saat ia sedang memperebutkan sesuatu.
salah satu contoh adalah saat kita sedang berebut tiket kereta api dan berebut untuk masuk ke rangkaian gerbong kereta api.
     Kejadian copet di dalam kereta api pernah penulis alami sendiri,dulu sekitar tahun 1999.saat itu orang-orang sangat berdesakan masuk ke dalam kereta api.penulis sendiri beruntung berhasil masuk kereta walaupun berjubel penuh penumpang.saat itulah secara reflek penulis langsung memegang saku belakang,karena walaupun pelan namun terasa seperti ada gerakan,dan ternyata memang ada tangan pencopet yang sedang beraksi. akhirnya penulis bisa menangkap tangan seorang pencopet.
     Beruntung sekarang PT.KAI telah meng-upgrade layanannya,sehingga perkeretaan api indoesia tampak lebih rapih,tiketpun  telah di jual secara online sehigga hasilnya mengurangi antrean calon penumpang di depan loket penjualan tiket.masuk peronpun sekarang harus menggunakan kartu identitas seperti kartu KTP,sehingga menghambat masuknya orang-orang yang tidak berkepentingan ke dalam areal stasiun. dan di dalam kereta sudah banyak personel pengamanan.
memang saat ini bisa di katakan PT. KAI telah bisa meng-sterilkan armadanya dari tindak kejahatan copet dan tindak kejahatan yang lainnya.bahkan sekarang kereta telah steril dari para asongan dan pengamen yang kadang-kadang meresahkan penumpang kereta api karena suka memaksa untuk membeli dan memberi tip pada para pengamen. bravo PT.KAI.

3. PASAR
     Dari zaman pra sejarah pasar sudah identik dengan zona sibuk,dari jaman dulu hingga sekarang tidak tidak ada tempat yang lebih sibuk dari pada pasar,hiruk pikuknya sangatlah khas,para penjaja dan pembeli saling bersaing suara,saling tawar-menawar.ada juga pedagang yang jual obral barangnya dengan pengeras suara.
     Dengan segala hiruk-pikuknya pasar adalah salah satu tempat yang sering terjadi tindak kejahatan copet,dalam kerumunan orang bertransaksi para copet ikut beraksi,mencari orang yang lengah,orang terlalu asik tawar-menawar sehingga lupa pada saku belakangnya.
     Modus copet di areal pasar adalah pura-pura jadi pembeli,ikut berdesak-desakan pada kios penjual yang sedang ramai,kemudian pelan-pelan tapi pasti mulai melancarkan aksinya hingga sukses menggondol sebuah dompet.

   BACA  :  MANFAAT DAN FAEDAH MEMINUM KOPI                                                                                                                                                                                                                                                                                                                  

4. PUSAT PERBELANJAAN
     Supermarket dan swalayan juga sebenarnya tidak luput dari aksi para copet,mereka beraksi mulai dari tempat parkir sampai ke dalam supermarket.mereka akan memilih titik-titik yang sedang padat pengunjung.mereka seharian berada di areal itu dan akan menyingkir bila sudah mendapatkan hasil.modus operasi mereka dengan membaur bersama pengunjung swalayan dan seolah-olah seperti pengunjung lainnya dan akan beraksi pada saat yang tepat.
     Cara yang tepat untuk menghindari kejahatan di dalam swalayan dan supermarket adalah dengan tidak melakukan kontak dengan orang tak di kenal yang terlihat sok akrab.yang sok ngajak ngobrol.kita tidak tahu siapa mereka maka sok dekat dengan kita maka semestinya kitapun harus waspada pada mereka.

5. DALAM ANGKUTAN KOTA
     Akhir-akhir ini sangat marak tindak kejahatan yang terjadi di dalam angkot atau angkutan kota,termasuk juga tindak kejahatan copet.malah tak jarang pelaku kejahatan memang bekerja sama dengan supir angkot tersebut.
tips untuk menghindari copet di dalam angkot adalah mencari tempat duduk yang tidak bersebelahan dengan orang-orang yang mencurigakan.ikutilah insting untuk memilih orang yang tampak aman jika kita duduk di sampingnya.cara yang gampang adalah duduklah di samping orang yang memakai pakaian seragam,bisa itu anak-anak sekolah,pegawai negeri,pegawai pemda,para mahasiswa,guru dll.
    Dengan memilih tempat duduk di dalam angkot maka berarti kita mengamankan barang-barang kita dari tindak kejahatan copet,jikalau kita terpaksa tidak bisa memilih tempat duduk dan harus duduk bersebelahan dengan orang yang mencurigakan seyogyanya kita selalu terjaga,berusaha sekuat tenaga untuk tidak tertidur hingga kita sampai pada tempat tujuan.tindak kejahatan copet yang beraksi di dalam angkot maupun bus kota mayoritas terjadi ketika kita pulas tertidur.

     BACA JUGA    :  METHODE DAN TATA CARA DALAM MENGCANGKOK POHON PEPAYA                                                                                                                                                                                                                                                                                            


Demikian sekilas tentang 5 tempat yang sering di jadikan ajang oleh para pencopet untuk melancarkan aksinya.

Pesan untuk para pencopet jika menemukan artikel ini :
"tolong hentikan tindakan anda selama ini,karena sangat menyengsarakan orang lain,bertobatlah dan carilah rizki yang halal untuk menafkahi anak istri,smoga anda cepat insaf dan menemukan pekerjaan lain yang lebih mulia,amien"

terimakasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat.




     

No comments:

Post a Comment