Wednesday, April 19, 2017

PEPAYA


     Pepaya adalah tumbuhan tropis yang biasa kita jumpai tumbuh di pekarangan atau di kebun-kebun.tumbuhan ini biasa tumbuh sendiri secara liar ataupun kadang-kadang di tanam oleh para petani dengan skala kebun.
     Memang ada anggapan bahwa pepaya mudah untuk di budi dayakan mengingat kita sering melihat pohon ini tumbuh sendiri dengan suburnya di sudut-sudut pekarangan warga

      Namun kenyataannya tidaklah demikian,pepaya adalah salah satu hortikultura yang sangat susah untuk di budidayakan,jarang ada petani yang bisa sukses berkebun pepaya,dikarenakan sering kali kebun-kebun pepaya di serbu oleh berbagai macam penyakit dan OPT spesialis pepaya.
     Banyak sekali jenis atau varietas pepaya yang biasa tumbuh di bumi pertiwi ini,mungkin ada ribuan jenis.Di samping pepaya lokal ada beberapa jenis pepaya yang biasa di tanam oleh para pekebun,di antaranya adalah pepaya bangkok, orange lady, red lady, pepaya hawai, pepaya merah delima dan juga pepaya kalifornia yang saat ini sangat  terkenal di pasaran .
  BACA : CARA DAN METHODE DALAM MENGCANGKOK POHON PEPAYA                                                                                     


     Pepaya bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi,masa produktif pepaya bisa sampai 4 tahun.
Pada umur 3 bulan bunga pepaya mulai mekar,pada fase ini pepaya mulai belajar berbuah,pada pepaya yang mendapat perawatan dengan baik, pada umur 4 bulan sudah bisa menampakkan buah kecil nan imut,dan akan terus berbuah sepanjang waktu,dikarenakan pohon pepaya berbuah tidak mengenal musim.dan 
Biasanya pada umur 6 atau 7 bulan dari mulai tanam pohon pepaya mulai mempersembahkan buah yang manis untuk di lahap.
   BACA  :  BERBAGAI MACAM DAN JENIS BUNGA PEPAYA                       

     Tumbuhan yang aslinya berasal dari meksiko ini mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia.pepaya mengandung Nol kolesterol,serat,karbohidrat,serta vitamin B kompleks dalam jumlah yang sangat baik.seperti thiamin,pyridixine,folat,niacin,serta riboflafin.
     Pepaya juga mengandung vitamin penting seperti vitamin A ,vitamin C, vitamin E,serta vitamin K.
Pepaya mengandung elektrolit yang cukup bagus,yaitu kalium serta mineral penting lainnya seperti pospor,magnesium,kalsium,serta zat besi.
  BACA JUGA :
     HATI-HATI,5 LOKASI BERIKUT FAVORIT COPET                                          
Zat khas dan terpenting yang ada di buah pepaya adalah senyawa kimia yang di sebut papain, yang berperan penting sebagai pembantu tubuh dalam proses pencernaan.
Demikian sekilas tentang  pepaya yang sekarang sedang menjadi buah bibir buat para penghobi buah-buahan.semoga manfaat dan sukses.















No comments:

Post a Comment