Monday, May 22, 2017

CARA MEMBEDAKAN BIBIT PEPAYA LONJONG DAN BULAT

   
 Ketika kita memutuskan untuk membeli bibit pepaya,mau tidak mau kita harus mempunyai pengetahuan tentang pemilihan bibit pepaya.Memilih bibit pepaya kalifornia bisa dibilang mudah,bisa juga dibilang susah.mudah,karena dengan sekilas mata kita bisa mengetahui mana bibit yang sehat,dan mana bibit yg kurang sehat,mana yang kelihatan bagus n mana yang kelihatanya kurang bagus.
Di bilang susah karena kita harus bisa memilih dan memprediksi mana bibit yang nantinya akan berbuah LONJONG dan mana yg akan berbuah bulat.

Sudah menjadi maklum dan di ketahui oleh para pekebun pepaya kalifornia bahwa hanya buah lonjong saja yang di minati pasar,sedangkan buah bulat cenderung kurang di sukai,maka banyak pedagang dan pengepul buah pepaya tidak mau membeli buah bulat.kalaupun terpaksa membeli mereka akan menekan harga dengan nominal yang semurah-murahnya bahkan sering di bawah 50% harga pepaya lonjong.

    Dan hal itu tentunya sangat merugikan petani,apalagi kenyataan di lapangan,pada umumnya para petani baru mampu mencapai angka 70% pepaya lonjong dalam satu kebunnya,malah tak jarang dalam satu kebun populasi pepaya lonjong kalah dominasi dengan pepaya bulat.waduh...bisa pening kan jadinya,niatnya cari untung tanam pepaya malah tambah murung.

    Berikut mungkin bisa jadi acuan untuk memilih bibit pepaya lonjong,cuma acuan,di perlukan pendalaman sendiri secara serius untuk bisa membedakan mana lonjong mana bulat,terutama pada point daun dan batang.di perlukan juga ketelatenan,ketelitian.tentunya di perlukan jg waktu atau jam terbang karena semuanya tidak ada yang instan.
Selamat menyimak!!

    PERBEDAAN PEPAYA LONJONG                  DAN PEPAYA BULAT
Perbedaan pepaya lonjong dan bulat bisa di bedakan dengan melihat penampilan fisik dari :

    1.bunga
    2.daun
    3.batang dan akar

A.BUNGA
    Untuk membedakan pepaya lonjong dan pepaya bulat yang paling mudah adalah melihat bentuk bunganya,hanya sekilas saja kita bisa tahu mana yang akan jadi pepaya bulat,pepaya lonjong atau malah pepaya jantan.
Bunga pepaya lonjong atau lebih di kenal bunga sempurna berbentuk lebih ramping dari bunga pepaya bulat,dalam satu bunga sudah lengkap ada putik dan benang sari,maka penyerbukan bisa terjadi dalam satu bunga,dan dalam penyerbukan tidak membutuhkn bunga lain,atau pohon lain,untuk lebih jelasnya simak juga
MACAM-MACAM BUNGA PEPAYA

Kelemahan membedakan pepaya lonjong dan bulat dengan melihat bentuk bunga adalah kita rugi dalam segi waktu,karena energi yang terlanjur kita keluarkan untuk menunggu pohon pepaya sampai berbunga tidaklah sedikit,amat sayang kalau, capai-capai  merawat sampai berbunga,terus kita dongkel dan buang karena ketahuan jadi pepaya bulat.

Rugi waktu rugi biaya iya kan?

B.DAUN
    Perbedaan daun pepaya lonjong dan bulat terletak pada tebal tipisnya
Fisik daun.pepaya lonjong mempunyai daun yang cenderung tipis jika dibandingkan dengan daun pepaya bulat.Perbedaan ini bisa kita gunakan untuk mengidentifikasi bibit pepaya.sehingga ketahuan sejak dini mana yang lonjong dan mana yang bulat.
    Di perlukan trik tertentu dan pengamatan yang agak mendalam mengingat secara sekilas tidak ada perbedaan antara yang lonjong dan yang bulat,karena selisih perbedaan ketebalan daun pepaya lonjong dan bulat hanya terpaut sedikit.
    Cara yang di gunakan adalah dengan jalan menjemur bibit pepaya ketika matahari mulai meninggi,karena pepaya lonjong mempunyai daun yang lebih tipis maka otomatis daun pepaya lonjong akan  lebih cepat merespon cahaya matahari,dengan kata lain lebih cepat loyo atau layu.maka bibit pepaya yang lebih dulu layu berarti itulah bibit pepaya lonjong.
    Biarpun membedakan daun pepaya lonjong dan bulat nampak mudah,tapi kenyataanya tergolong sulit,dan kebayakan orang ketika mendapatkan akurasi yang rendah dengan cara ini,akan langsung menganggap trik ini kurang akurat.padahal kenyataan sebenarnya adalah kurang pahamnya kita terhadap trik ini,karena layunya bibit pepaya jg terpengaruh oleh kebugaran sang bibit sendiri,juga di pengaruhi hal-hal lainya,dengan kata lain..biarpun daun pepaya bulat lebih tebal,tapi bisa cepat layu jika di bandingkan dengan pepaya lonjong yang baru di siram.

Paham kan maksud kami? He he

C.BATANG DAN AKAR
    Perbedaan batang pepaya lonjong dan bulat sebenarnya di pengaruhi oleh perbedaan akar.di mana akar pepaya bulat biasanya mempunyai 2 akar tunggang,maka kemudian nutrisi dari tanah bisa lebih cepat terserap oleh pohon pepaya tersebut.

    Dengan adanya perbedaan tersebut maka kita bisa memilih bibit pepaya yg akan kita tanam,kita bisa membedakan mana bibit lonjong dan mana bibit bulat dengan melihat batang bibit tersebut tanpa harus mengecek dulu akarnya.

    Bibit dengan batang yang besar dan subur biasanya akan berbuah bulat,maka sudah seharusnya bibit tersebut kita hindari,dan seyogyanya kita pilih bibit yg cerderung kurus dan berbatang lebih kecil.

DEMIKIAN,sedikit pengalaman dan pengamatan yang kami dapatkan,dan bila temen2 menginginkan bibit yang benar-benar 100% akan berbuah lonjong,bisa juga dengan cara mencangkok tunas dari pohon yang berbunga sempurna,BACA JUGA CARA MENGCANGKOK PEPAYA

bagi yangk mempunyai pengalaman lebih monggo berbagi di kolom komentar.




10 comments: